Sepucuk Semangat dari Untaian Kata Cinta

Agustus 23, 2018



Pernahkah temans berada dalam situasi galau? Tak punya motivasi untuk melakukan suatu aktivitas.


Hmm, situasi bad mood atau hilang semangat ini bisa terjadi kapan saja ya. Penyebabnya banyak. Bisa karena lagi punya setumpuk masalah, diputusin kekasih, dapat banyak tugas di kantor, mau datang bulan, atau karena sebab lain yang tak terduga.


Nah, biasanya saat sedang bad mood seseorang butuh pembangkit semangat baru. Peletup yang bisa membuat otak bekerja kembali dan bisa beraktivitas dengan normal. Hentakan ini bisa saja datang dari dalam diri atau berasal dari orang lain dan lingkungan sekitar.


Salah satu pembangkit semangat yang menurut saya cukup efektif membangunkan "monster" mood dari orang lain bisa melalui kata-kata penuh inspirasi, menggugah dan menjadi motivasi. Kata itu bisa berupa dorongan, dan yang paling menghentak menurut saya adalah untaian kata cinta.


Yup. Kata-kata romantis. Terkadang hanya berisi deretan kata sederhana. Namun, bila diucapkan dan disampaikan oleh orang yang berarti maknanya bisa jauh lebih dalam. Bisa membangkitkan semangat baru dalam diri.


Setidaknya menurut saya, ada beberapa tipe kata cinta yang bisa menjadi pembangkit semangat


1. Kata cinta motivasi


Kata cinta jenis ini biasanya berisi kalimat-kalimat menggugah yang memberikan semangat dan dorongan pada seseorang untuk berbuat lebih baik dan lebih berenergi dalam mengejar dan melaksanakan sesuatu.


2. Kata cinta inspirasi


Kata cinta inspirasi biasanya berisi hal hal baru atau pengetahuan baru baik mengenai kebiasaan atau kisah sukses seseorang yang dapat dijadikan contoh atau teladan bagi orang lain untuk bisa berprestasi dan menghasilkan yang terbaik. Bisa juga berisi kisah dan ungkapan penuh ide yang menggugah.


3. Kata cinta ungkapan hati

Kata cinta ini biasanya berisi perasaan seseorang pada orang lain. Bisa saja perasaan suka, sayang, dan cinta. Ungkapan perasaan bisa disampaikan oleh siapa saja, teman, sahabat, keluarga, dan kekasih.

Biasanya orang yang menerima kata cinta ungkapan hati akan menjadi semakin respek dengan orang yang menyampaikan isi hatinya. Dan biasanya bisa menjadi semangat baru dalam menjalani hidup.


4. Kata cinta rasa peduli

Kata cinta ini biasanya disampaikan untuk menunjukkan kepedulian pada seseorang. Bisa menjadi harapan dan peletup semangat bagi orang yang menerima sehingga menjadi lebih terdorong untuk melakukan hal baik sebagaimana pesan yang disampaikan dalam kata cinta yang dituliskan.

Dalam hidup, ungkapan kata cinta yang disampaikan seseorang biasanya memang bisa memberikan efek kejut luar biasa bagi yang menerima. Namun, agar efek yang ditimbulkan lebih berasa sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal saat akan menyampaikan kata cinta pada orang lain.


- Sampaikan pada waktu yang tepat

Kata cinta yang disampaikan bisa memberikan efek yang lebih mantap bila disampaikan di saat tepat. Misal saat orang yang dituju sedang tenang, sedang tidak bersemangat, atau memang sedang dalam keadaan bad mood sehingga membutuhkan semangat dan energi tambahan dari orang lain.


- Pilih untaian kata cinta yang sesuai dengan karakter penerima.

Sebaiknya hindari penggunaan kata yang memang tidak disukai oleh penerima. Misalnya bila orang yang dituju tidak suka menggunakan kata "Kau" untuk merujuk orang kedua maka jangan gunakan. Pilih kata lain bermakna sama seperti "Kamu".


- Pastikan untaian kata cinta yang dikirim memiliki struktur sederhana, mudah dimengerti dan menggunakan kalimat yang efektif. Hal ini diperlukan agar si penerima pesan bisa dengan mudah menangkap pesan yang ingin disampaikan.


- Sajikan dengan menarik

Salah satu cara memberikan kata cinta pada seseorang agar lebih menarik perhatian dan berkesan adalah dengan menggunakan media ilustrasi. Bisa dibuat pada bermacam aplikasi desain sederhana. Untuk untaian kata cinta salah satu aplikasi yang sering dipakai adalah Canva.



Bagi para penggunananya Canva dinilai sangat menarik dan mudah digunakan. Selain itu Canva mudah dipersonalisasi dan memiliki banyak pilihan background dan jenis huruf. Dengan begitu kita bisa menyiapkan kata mutiara yang lebih eye catching.

Variasi background, pilihan huruf dan warna pada Canva misalnya bisa temans lihat pada dua ilustrasi yang saya pakai pada postingan ini. Sederhana tapi elegan bukan? Di Canva pilihannya jauh lebih banyak. Jadi bila temans masuk ke situsnya yang sekarang juga bisa diakses melalui aplikasi, temans akan menemukan inspirasi yang ga ada habisnya. :-)


Nah.. itu dia beberapa hal yang bisa menjadi perhatian saat menyiapkan kata cinta untuk diberikan pada orang spesial.


Selamat mencoba dan selamat berkreasi.

You Might Also Like

10 comments

  1. Hahaha aku nggak bisa pakai kata2 nih orangnya sukanya langsung aja. Btw asyik ya carva ini. Keren kak infonya.

    BalasHapus
  2. Aku juga senang pakai canva. Mudah. Trus pilihan desainnya juga banyak dan lucu lucu.

    BalasHapus
  3. Saya pun suka banget pakai Canva tapi belum pernh sih bikin kata puitis di canva jadi pengen coba bikin

    BalasHapus
  4. Asekk.. dapet ilmu baru, kadang aku tuh suka ngga
    Pede ka..dengan menulis dengan aplikasi Canva jadi lebih menarik ya Mba.. inspiratif dan patut
    Untuk dicoba hehe

    BalasHapus
  5. Setuju banget sama kata2 cinta penggugah semangat. Namanya juga manusia ya punya hati dan pastinya punya cinta, kadang kalau lagi down di butuhkankata2 cinta motivasi agar bangkit lagi.

    BalasHapus
  6. Cinta selalu membuat orang semangat. Apalagi disampaikan dengan kata2 yang indah....aduh bikin bahagia.

    BalasHapus
  7. Keren nih tipsnya, mau coba ah buat pembangkit semangat saya. Saya pun kadang mengalami hal yg sama dan perlu motivasi seperti ini

    BalasHapus
  8. aku ngga ngebayangi kalau tiap hari di bagiin lata cinta. pasti happy banget yah... raanya berbunga bunga dan terasa sangat spesial

    BalasHapus
  9. Canva salah satu aplikasi yang banyak diandalkan oleh blogger termasuk saya he he karena mudah dan desain bagus

    BalasHapus
  10. Benar Mba. Makanya banyak yang bilang kata adalah mantra terbaik. Oh ya, ngomong-ngomong soal Canva, saya juga sering pakai aplikasi ini Mba.

    BalasHapus