Manfaat Bersepeda di Pagi Hari, Yuk Bersemangat Lagi

Juni 14, 2020

Manfaat bersepeda

Sudah lama saya ingin menjalankan aktivitas satu ini. Bisa bersepeda setiap hari minimal di pagi hari. Namun selalu saja ada kendalanya. Padahal, banyak sekali manfaat bersepeda yang bisa dirasakan tubuh seperti gerak tak terbatas. 

Bersepeda terutama di pagi hari tidak hanya akan berguna untuk fisik tetapi untuk kesegaran rohani. Selama berkeliling dengan sepeda, akan ada banyak hal yang ditemui di perjalanan. Hal itu akan membuat kita menjadi lebih bersemangat lagi.

Apalagi di musim pandemi akibat virus corona atau Covid-19 seperti sekarang ini. Bersepeda akan memberikan banyak manfaat. Jalan pernafasan akan menjadi lebih lancar. Apalagi bila bersepeda dilakukan secara rutin.

Pada pagi hari, udara relatif lebih segar. Jadi kita akan menghirup lebih banyak oksigen yang baik untuk tubuh. Bersepeda juga akan membantu mengencangkan otot dan membakar lemak tubuh. Jadi boleh dibilang bersepeda di pagi hari akan memberi manfaat dalam membantu kita mengontrol berat badan.

Bersepeda menjadi aktivitas yang bisa dijalankan siapa saja. Anak-anak, remaja dan orang tua semua bisa bersepeda. Tak ada batasan dan larangan bagi seseorang untuk bersepeda. Selama dia sanggup mengayuh pedal ya silakan saja. Hanya saja harus diingat untuk tidak memaksakan diri menempuh jarak yang terlalu jauh. Alih-laih mendapatkan manfaat bersepeda, kalau badan jadi letih dan lelah justru akan membuat daya tahan tubuh melemah.

Ada baiknya melakukan olahraga sepeda dengan santai. Bukankah tujuannya untuk mencari kesegaran dan bukan untuk perlombaan. Ya kan..

Bersepeda boleh dibilang sebagai olahraga yang ringan. Tujuan utamanya adalah untuk menjaga stamina dan kebugaran. Dengan bersepeda, kita akan dilatih untuk mengayuh dan menggerakkan otot kaki. Dibanding berjalan kaki atau marathon, bersepeda menjadi lebih santai karena dibantu oleh putaran roda. Yang perlu dilakukan ya mengayuhlah dengan semangat.

Saat bersepeda di pagi hari, banyak manfaat yang didapatkan. Bila kita bersepeda rata-rata 30 menit saja dalam satu hari, maka akan membantu meningkatkan mood dan semangat. Hal ini disebabkan selama bersepeda suasana hati akan menjadi lebih tenang, sehingga bisa mengusir rasa cemas, depresi dan stress yang bisa saja muncul setiap hari.

Selama bersepeda kita bisa menyapa banyak orang, melihat aktivitas yang beragam dan berganti suasana. Dan bukan tidak mungkin, semriwing angin yang dirasakan saat bersepeda bisa membuat mood jadi lebih baik.

Manfaat bersepeda ini sudah banyak menjadi penelitian berbagai ahli. Studi yang dilakukan British Medical Association misalnya menyebutkan bahwa bagi orang yang melakukan olahraga sepeda sejauh 20 mil untuk setiap pekannya, maka 50 persen bisa terhindar dari resiko terkena penyakit jantung koroner.

Selain itu, dengan bersepeda juga dapat membantu menghilangkan kerutan akibat penuaan, anti aging secara alamiah. J Jadi jangan salah ya bila melihat orang yang rajin bersepeda akan kelihatan 10 tahun lebih muda dari usia sebenarnya.

Satu lagi hal penting yang perlu dicatat bahwa manfaat bersepeda juga bisa meningkatkan kemampuan otak. Kok bisa? Dengan bersepeda di pagi hari para peneliti dari Universitas lllinois mempublikakasikan hasil riset bahwa dengan rajin bersepeda kemampaun kerja otak bisa meningkat hingga 15 persen

Hasil ini diperoleh dalam beberapa kali tes. Peningkatan fungsi otak ini sangat dimungkinkan terjadi karena bersepeda bisa membantu membangun sel-sel otak baru untuk mengganti memori yang memburuk saat seseorang sudah memasuki usia 30 tahun.

You Might Also Like

0 comments