Tips Memilih Data Center Indonesia untuk Perusahaan yang Ingin Berkembang

Agustus 22, 2020


Bagi anda yang ingin mengembangkan bisnis atau perusahaan anda, maka keberadaan data center Indonesia memang anda butuhkan. Istilah data center ini sendiri memang sedikit asing terutama bagi masyarakat awam. Padahal keberadaan data center ini mempunyai manfaat yang sangat penting bagi sebuah bisnis ataupun perusahaan.

Data center atau dalam bahasa Indonesia merupakan suatu fasilitas jaringan komputer dan ruang penyimpanan yang nantinya bisa digunakan oleh para pebisnis ataupun organisasi untuk menyimpan, memproses, hingga menyebarluaskan data dalam skala yang sangat besar. Data center ini pun juga dibagi menjadi beberapa jenis dengan tingkatan rendah hingga tinggi.

Fungsi dari data center

Fungsi dari data center ini pun juga bisa digunakan sebagai komponen utama di dalam berbagai macam perangkat IT seperti subsistem penyimpanan, router, firewall, networkingswitches, physicalracks dan masih banyak lagi. Untuk bisa menggunakan data center ini, harus ada tape drives, harddrive hingga fasilitas penyimpanan data secara internal maupun eksternal di dalam software hingga cloud.

Tidak hanya itu saja, tingkat kepadatan daya juga harus tinggi karena kebutuhan penyimpanan memang akan selalu bertambah. Dengan kondisi seperti in lah maka akan memberikan pengaruh yang besar pada penggunaan daya. Untuk itulah, bagi anda yang ingin memasang data center, anda wajib memilih data center Indonesia dimana mempunyai kepadatan daya listrik yang tinggi.

Adapun banyak manfaat yang bisa didapatkan dari penggunaan data center bagi sebuah perusahaan seperti bisa mendukung kebutuhan penyimpanan perusahaan yang besar. Sebagai sistem keamanan terhadap data-data penting perusahaan hingga mampu untuk meminimalisir adanya ketimpangan data.

Tips memilih data center Indonesia yang benar

Untuk perusahaan yang ingin menggunakan data center ini, maka sangat penting untuk mengetahui apa saja tips di dalam memilih data center Indonesia. Hal ini tidak lain karena belum tentu penyedia data center yang anda temukan bisa dipercaya. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan dibawah

1.       Pilih penyedia data center yang mempunyai trackrecord bagus

Hal pertama yang wajib untuk anda perhatikan adalah pastikan perusahaan mempunyai trackrecord yang baik. Jika perusahaan yang anda pilih sudah mempunyai trackrecord yang buruk tentu akan sangat membahayakan bukan? Untuk membantu anda mengetahui bagaimana trackrecord perusahaan, anda bisa langsung melihat dari review yang diberikan pelanggan sebelumnya.

2.       Efisiensi penyimpanan

Berikutnya adalah efisiensi penyimpanan. Perlu anda ketahui apabila infrastruktur yang akan anda sewa nantinya memang harus memberikan keuntungan yang baik dimana mampu untuk meningkatkan teknologi informasi. Untuk itulah anda wajib untuk memilihpenyedia data center yang mempunyai efisiensi penyimpanan.

3.       Memberikan kepastian keamanan data yang sudah ditanam

Berikutnya, anda juga harus memastikan apabila perusahaan yang dipilih juga memberikan kepastian terhadap keamanan data yang sudah ditanam tersebut. Keamanan ini harus disebar di beberapa titik. Bukan hanya itu saja, sangat disarankan untuk memilih penyedia data center yang mempunyai multi level security di dalam sistemnya agar bisa mencegah adanya akses tidak sah.

4.       Mempunyai customer service yang mudah dihubungi

Selain itu, anda juga wajib untuk memeriksa bagaimanakah layanan customer service yang ditawarkan oleh perusahaan penyedia jasa data center tersebut. Pastikan mereka mempunyai customer service yang mudah untuk dihubungi dan responsive.

Memilih perusahaan data center memang tidak boleh anda lakukan secara sembarangan agar bisa menemukan jasa data center yang terbaik. NEX merupakan perusahaan penyedia data center Indonesia yang paling terpercaya.

You Might Also Like

0 comments