Menemukan Keajaiban di Segumpal Playdoh

Juli 01, 2020


Ada banyak cara untuk bisa merangsang perkembangan motoric pada si kecil. Salah satunya dengan memberikan anak mainan edukatif. Tidak hanya memberi keceriaan dan kesenangan, mainan edukatif bisa membantu tumbuh kembang si kecil menjadi lebih maksimal.

Mainan edukatif untuk anak tak selamanya didapat dengan membeli. Beberapa mainan edukatif malah bisa dibuat sendiri di rumah bersama anak-anak. Playdoh termasuk mainan edukatif yang murah meriah. Bahkan, cara membuat playdoh pun terbilang mudah.

Di rumah saya terbiasa membuatkan playdoh untuk anak-anak. Alasannya, saya sudah kapok membelikan mereka playdoh. Setiap kali dibeli biasanya tak bertahan lama. Bukan karena tidak awet, tetapi karena kreativitas para krucils duniabiza yang selalu tanpa batas.

Playdoh mulus yang baru dibeli seketika bisa menjadi buruk rupa karena sudah dicampur pasir atau tanah. Atau kalau tidak sudah ditempel pada mainan dan nyempil di sela=sela sudut tak tersentuh aneka mainan. Alhasil, playdoh yag dibeli susut dalam waktu singkat.

Membuat playdoh memang terbilang gampang. Bahannya yang mudah didapat membikin kita bisa membuat lebih banyak. Cukup bermodal tepung, pewarna, dan sedkit garam, jadi deh playdoh aneka warna. 

Di rumah anak-anak termasuk yang sering meneror saya untuk membuat playdoh ini. Yang paling getol meminta ya si kecil Arsyad. "Kapan sih Ma, kita membuat playdoh lagi." begitu ia selalu merengak. Kalau sudah diminta pakai rayuan maut begitu saya pun luluh. 

Nah. bagaimana cara membuat playdoh yang biasa saya kerjakan di rumah. Yuk ini dia



Bahan yang dibutuhkan:

  • ½ kg tepung terigu
  • 250 gr garam
  • Pewarna makanan
  • 1 sdt minyak goreng
  • Air, didihkan hingga matang


Cara membuatnya:
1.    Masukkan semua tepung terigu bersama garam dalam wadah. Aduk hingga rata. Sisihkan.

2.    Teteskan pewarna sesuai kebutuhan. Untuk playdoh saya biasanya memilih warna yang pekat supata lebih mencolok dan disukai anak-anak. Pewarna dimasukkan ke dalam air matang, kemudian aduk hingga rata.  
3.    Tuangkan air yang telah diberi pewarna sedikit demi sedikit ke dalam wadah terigu sambil diuleni. Campurkan semuanya hingga terigu membentuk adonan.

4.    Uleni adonan hingga kalis. Setelah itu tuangkan minyak goreng dan uleni lagi hingga seluruh permukaan adonan menjadi licin.


Biasanya dengan setengah kilo tepungn saya membuat beberapa warna. Bisa tiga. tujuannya agar anak lebih mudah berkreasi. Bila lagi mood dan anak-anak lagi bersemangat saya pun bisa membuat dengan bahan 1 kilogram tepung terigu. Proses pembuatannya sama. 

Anak-anak di rumah suka bermain playdoh. Biasanya mereka akan membuat bentuk sesuai hobi. Bintang cenderung membuat bangunan, zizi membuat boneka atau bunga. sedangkan si bungsu arsyad biasanya membuat hewan atau mobil. 

Kalau sudah bermain playdoh anak-anak biasanya anteng. Tapi saya tak bisa tenang begitu saja karena biasanya akan ada kejutan yang mereka lakukan. Apapun itu, bersenang-senanglah. Karena selalu ada keajaiban dari segumpal play doh yang mereka buat. 


You Might Also Like

0 comments