Ini Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Disediakan

Maret 26, 2019




1000 hari pertama dalam kehidupan bayi merupakan fase yang paling utama. Orang tua harus mencurahkan upaya terbaiknya agar ibu dan sang bayi selalu dalam keadaan sehat dan terpenuhi kebutuhannya. Apalagi hadirnya bayi di tengah keluarga mendatangkan kebahagiaan tidak terkira. Bagaimanapun seperti  ungkapan yang menyebutkan anak adalah permata hati.

Setelah bayi lahir fokus orang tua akan dicurahkan kepada sang bauh hati. Termasuk menyediakan seluruh keperluannya. Bahkan tidak sedikit orang tua yang menyiapkan keperluan bayi baru lahir semenjak trisemester tiga. Seringkali orang tua baru, bahkan banyak membeli benda yang sebenarnya belum terlalu dibutuhkan oleh bayi.

Lalu apa saja Keperluan Bayi Baru Lahir yang Harus disediakan?

1. Perlengkapan pakaian bayi

Untuk perlengkapan pakaian bayi baru lahir maka orang tua perlu menyediakan sejumlah benda wajib seperti popok baik kain ataupun sekali pakai. Ini tergantung pada kecendrungan orang tua. Selanjutnya juga harus disediakan perlak sebagai alas mengganti popok dan membantu setelah mandi.

Perlengkapan lainnya yang dibutuhkan adalah kain panjang untuk hari-hari awal. Kain panjang ini untuk membedung tapi longgar saja. Bedung ini lebih berfungsi sebagai selimut yang menopang dan menghangatkan sang buah hati.

Untuk bayi baru lahir ini perlengkapan pakaian lainnya yang dibutuhkan yakni baju dan celana bayi, kaus tangan dan kaki. Untuk kaus tangan dan kaki ini perhatikan modelnya, jangan menggunakan jenis karet yang mengikat kencang karena akan menimbulkan jejak pada pergelangan bayi.

2. Perlengkapan Mandi

Untuk keperluan mandi ini, sangat disarankan orang tua memperhatikan jenis kulit sang buah hati. Orang tua dengan riwayat alergi ada kemungkinan akan diikuti oleh sang buah hati.

Untuk peralatan mandi ini benda yang wajib disediakan seperti waslap, sabun dan shampoo bayi, handuk serta selanjutnya bak mandi yang ramah dengan bayi. Tidak disarankan menggunakan bak mandi yang ada cekungan penahan di tengahnya. Pasalnya setelah bayi bisa duduk, cekungan ini mengganggu bayi ketika mandi, karena akan membuat sakit jika salah duduk.

3. Perlengkapan Tidur

Perlengkapan lainnya yang perlu disediakan untuk bayi baru lahir adalah perlengkapan tidur. Bayi membutuhkan alas tidur yang nyaman. Selain itu dibutuhkan selimut bayi, kelambu, bantal serta guling sebagai penyangga.

Untuk tempat tidur ini, juga dibutuhkan ruang dengan cahaya yang dapat disesuaikan. Ruang ini berfungsi untuk mengenalkan kepada bayi secara perlahan beda siang dan malam.

Perlengkapan bayi lainnya yang diperlukan yakni seputar kebutuhan temporer seperti gendongan bayi yang berfungsi mengangkat sang buah hati ketika kunjungan balik untuk kontrol dokter dan vaksin. Selain itu kain kasa, kapas steril untuk membersihkan tali pusar hingga lepas. Juga tas bayi guna menyimpan peralatan ketika berpergian. 

x

You Might Also Like

0 comments