Bertahan di Ketatnya Persaingan Dunia Usaha dengan Desain Kartu Nama, Kemasan, dan Flyer Unik

Desember 16, 2019

Desain kartu nama unik

Ingin bertahan di tengah ketatnya persaingan dunia usaha? Berani tampil unik dan berbeda adalah jawabannya.
Tampilan yang unik akan membuat bisnis Anda lebih menonjol dan mudah diingat. Di tengah begitu banyaknya bisnis serupa, hal ini adalah sebuah keuntungan besar.
Lalu, bagaimana cara Anda untuk tampil unik dan berbeda?
Ada banyak upaya yang dapat ditempuh untuk memberikan tampilan seperti ini, dan salah satunya terkait dengan media yang menjadi representasi bisnis. Secara lebih spesifik, hal ini terkait dengan kartu nama, brosur dan packaging.

Kartu Nama dalam Dunia Bisnis

Terlepas dari kemajuan teknologi yang begitu pesat, penggunaan kartu nama masih belum tergantikan. Para pelaku usaha ataupun marketer dari sebuah perusahaan umumnya masih memiliki setumpuk kartu nama yang siap untuk diberikan kepada orang lain. Umumnya, kartu nama diberikan di sebuah seminar, pameran, atau saat pertemuan bisnis.
Di tengah ketatnya persaingan usaha, kartu nama menjadi lebih dari sekedar sumber kontak informasi dari sebuah bisnis. Kartu nama menjadi sebuah alat pemasaran dan bagian dari upaya branding. Desain kartu nama pun mendapat perhatian tersendiri. Desain kartu nama unik mulai bermunculan. Setiap asepk dari desain tersebut mulai dari bentuk, warna, font, dan gambar dirancang sedemikian rupa untuk memberikan kesan yang mendalam.
Bagi para calon konsumen dan calon investor, kartu nama seperti ini menjadi salah satu cara bagi mereka untuk menilai kualitas produk/jasa dari sebuah usaha. Opini masyarakat luas akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kartu nama. Apabila kartu nama tersebut memiliki kualitas superior, maka opini yang terbentuk adalah perusahaan tersebut merupakan perusahaan berkualitas dan begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam memilih desain kartu nama unik, karena hal ini akan mempengaruhi kesuksesan bisnis Anda.
Tertarik dengan ide untuk menciptakan kartu nama yang beda dari biasa? Berikut adalah beberapa ide desain kartu nama unik sebagai sumber inspirasi bagi Anda semua:

Desain kartu nama unik dengan bentuk yang tidak biasa

Siapa bilang sebuah kartu nama harus berbentuk persegi panjang? Tidak ada batasan perihal bentuk kartu nama. Anda bisa membuatnya dalam bentuk segitiga, bentuk hewan, bentuk yang sama dengan produk Anda, dan segala bentuk lainnya.

Kartu nama yang fungsional

Bagaimana bila Anda membuat sebuah kartu nama yang dapat dipergunakan untuk hal lain? Kartu nama sekaligus sisir bagi para pelaku usaha salon atau kartu nama sekaligus pembuka botol bagi pemilik usaha minuman? Dalam hal ini, pastikan untuk membuat desain kartu nama unik yang sesuai dengan usaha Anda

Kartu nama tembus pandang

Desain kartu nama unik yang satu ini terlihat beda dari yang lain. Bukan hanya karena desainnya yang tembus pandang, namun juga berkat gambar maskot yang tercetak di atasnya. Maskot yang dipergunakan adalah mascot perusahaan yang menjadi identitas utama yang tidak akan ditemukan di tempat lain.

Kartu nama 3D

Bayangkan menerima sebuah kartu nama dengan bentuk 3D? Desain kartu nama unik seperti ini menggambarkan keunikan bisnis Anda, dan hal inilah yang akan diingat oleh para calon investor dan konsumen.

 Flyer dan Marketing
Selain kartu nama, desain flyer unik menjadi salah satu cara yang dapat Anda tempuh untuk tetap bertahan dalam kompetisi bisnis. Hal ini bukannya tanpa alasan. Flyer merupakan bagian dari strategi marketing yang diterapkan oleh semua perusahaan di luar sana. Umumnya flyer disebarkan di tempat-tempat ramai atau dikirimkan ke rumah-rumah. Namun, hal ini tidak selalu membawa hasil yang diharapkan, terutama bila penyebaran flyer dilakukan secara acak tanpa ada target yang jelas.
Sama halnya seperti strategi marketing lainnya, penyebaran flyer harus dilakukan secara terencana untuk memberikan hasil yang efektif. Selain itu, perhatikan juga desain flyer tersebut. Desain flyer unik akan lebih mampu menarik perhatian dibandingkan desain yang biasa-biasa saja.
Beberapa koleksi dan ide desain flyer unik berikut ini dapat dijadikan sumber inspirasi untuk pembuatan flyer Anda selanjutnya:

Penggunaan Warna Berani dalam Desain Flyer

Apa hal pertama yang akan Anda perhatikan saat melihat sebuah flyer? Bagi sebagian besar orang, warna adalah jawabannya. Flyer yang penuh warna akan lebih mampu menarik perhatian dibandingkan flyer hasil fotokopi. Pergunakan warna-warna yang kontras dalam desain flyer unik Anda untuk menonjolkan pesan yang ingin disampaikan.

Flyer dengan Bentuk Unik

Seperti halnya kartu nama, tidak ada aturan pasti dalam memilih bentuk flyer. Desain flyer unik dapat Anda hadirkan dengan bentuk yang berbeda. Flyer yang dapat dipergunakan sebagai gantungan pintu atau flyer berbentuk botol akan jauh lebih menarik perhatian siapa saja yang melihatnya.

Flyer dengan Desain Tempo Dulu

Desain tempo dulu atau vintage memiliki daya tarik dan pesona tersendiri. Anda dapat memanfaatkan ide ini dalam membuat sebuah desain flyer unik. Di tengah maraknya desain yang terkesan modern, desain vintage seperti ini akan mampu membuat orang menaruh perhatian lebih.

Permainan Pola pada Flyer

Secara alami, manusia akan mencoba menemukan pola pada segala hal yang terlihat. Jadi, mengapa Anda tidak memasukkan pola-pola khusus ke dalam flyer Anda. Secara visual, desain flyer unik yang menggunakan pola menciptakan tampilan yang mencolok dan pastinya tidak akan dilewatkan begitu saja.  Anda dapat menggunakan pola apa saja mulai dari pola geometris, pola abstrak, atau pola apapun yang sesuai dengan isi flyer.

Permainan Perspektif dan Sudut Pandang

Tidak ada aturan yang menyatakan bahwa flyer harus tampil lurus dan linear. Anda dapat membuat desain flyer unik dengan sudut pandang alias perspektif yang berbeda. Permainan perspektif yang memberikan efek terbalik hanyalah satu dari sekian banyak ide yang dapat Anda terapkan pada desain flyer.

Desain Kemasan Unik yang Inovatif sebagai Solusi Permasalahan Bisnis

Selain menggunakan kartu nama dan flyer, Anda juga dapat memberikan tampilan yang unik pada kemasan produk Anda. Desain kemasan unik yang super kreatif bukan hanya akan membuat produk Anda tampil menonjol, namun juga mampu memberikan berbagai manfaat lain. Sebagai contoh, kemasan yang menarik dapat mengurangi biaya yang harus dikeluarkan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan pengiriman. Dengan desain yang tepat, daya tahan produk juga dapat meningkat.
Dari sekian banyak manfaat desain kemasan unik, dampak yang paling terasa adalah dari segi pemasaran. Tampilan yang unik dan berbeda akan membuat produk Anda dilirik oleh lebih banyak orang. Hal ini tentu saja akan meningkatkan persentase jumlah konsumen untuk keuntungan Anda.
Lalu, desain kemasan unik seperti apa yang dapat Anda pergunakan? Beberapa ide berikut bisa jadi sesuai dengan kebutuhan Anda:

Desain Kemasan yang Serupa dengan Produk

Produk apa yang Anda tawarkan? Mengapa tidak menggunakan bentuk atau manfaat dari produk tersebut untuk menciptakan desain kemasan unik? Sebagai contoh, desain kemasan Trident dengan gambar deretan gigi putih yang hadir dalam ukuran sebenarnya.

Bentuk Kemasan yang Unik

Berbicara mengenai kemasan dalam bentuk boks, umumnya kita akan menemukan boks berbentuk kotak atau persegi. Untuk tampilan yang berbeda, pergunakan bentuk yang berbeda pula. Bentuk daun pada kemasan sabun ini akan membuat semua orang penasaran untuk mencari tahu lebih dalam mengenai produk tersebut.

Kemasan dengan Gambar yang Super Lucu

Bila Anda tidak dapat membuat kemasan dengan bentuk yang berbeda, maka pilihannya adalah dengan menggunakan gambar yang super lucu diatasnya. Bagaimana dengan gambar anjing lucu lengkap dengan berbagai ungkapan yang akan mengundang tawa? Desain kemasan unik ini pasti akan menarik perhatian semua yang melihatnya.

Desain Kemasan Unik dengan Sentuhan Seni

Seni dapat diterapkan dalam semua aspek kehidupan manusia, termasuk juga dalam desain kemasan produk. Bagian dasar pada kemasan spageti ini diisi dengan cetakan khusus yang akan “memaksa” bentuk spageti yang dimasukkan kedalamnya tampak seperti sebuah gedung pencakar langit. Dengan kemasan seperti ini, bisa jadi produk ini hanya akan dipergunakan sebagai pajangan semata.

Desain Kemasan Tembus Pandang

Desain kemasan unik yang satu ini menggunakan plastik tembus pandang yang ditata sedemikian rupa untuk efek yang tidak biasa. Tampilan yang diberikan seakan-akan menggambarkan seorang wanita dengan gaya rambut yang berbeda untuk produk yang berbeda pula. Sangat unik dan menyegarkan.
Kemampuan untuk bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis adalah sebuah keharusan. Penggunaan desain kemasan unik, flyer, dan juga kartu nama unik adalah beberapa strategi yang perlu Anda terapkan sekarang juga. Bila mengalami kesulitan dalam membuat desain yang tepat, jangan ragu untuk menghubungi para ahli desain grafis yang dapat Anda temukan di Sribu. Dengan desain yang tepat, maka kesempatan Anda untuk sukses bertahan dalam dunia bisnis menjadi lebih besar.

You Might Also Like

0 comments