Mitos-mitos penyembuhan Luka yang Perlu dihindari

November 23, 2019


Dalam proses penyembuhan luka, kita bisa menggunakan Cara agar luka cepat kering agar dapat menyembuhkan luka lebih cepat. Tapi, disamping itu, dalam pengobatan luka ada beberapa mitos yang dipercaya mampu mempercepat penyembuhan luka meski tidak diketahui kebenarannya. Berikut ini beberapa mitos pengobatan luka yang perlu diketahui.

Luka lebih cepat sembuh saat terkena udara
Salah satu mitos yang telah lama beredar adalah penyembuhan luka yang lebih cepat sembuh karena terkena udara. Mitos ini beredar karena luka yang terkena udara akan lebih cepat mengering atau tidak mudah membusuk. Tapi apakah benar demikian?

Pada dasarnya, luka yang dibiarkan terbuka memang bisa mendapatkan udara dan mencegah luka tersebut menjadi busuk. Namun, membuka luka begitu saja tanpa menutupnya sedikitpun justru bisa berdampak buruk pada luka. Sebab, udara yang mengenai luka belum tentu merupakan udara yang bersih dan bebas bakteri. Kemungkinan terburuk yang bisa terjadi adalah luka terdampak bakteri yang terbawa oleh udara hingga akhirnya berujung pada infeksi. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan perban untuk menutupi luka dari udara dan gesekan tanpa membiarkannya busuk karena tertutupi udara.

Air laut membantu penyembuhan luka
Jika air biasa digunakan untuk membersihkan luka, maka air laut dipercaya oleh sebagian besar orang dapat menyembuhkan luka. Air laut yang mengandung garam dianggap mampu membantu proses penyembuhan luka. Tapi, benarkan faktanya demikian?

Alasan mengapa banyak orang berpikiran demikian yakni karena air laut minim kontaminasi kuman dan bahan kimia, terutama di dekat pantai yang membentang. Kuman dan bahan kimia dapat berkontribusi terhadap risiko infeksi dan dapat menunda penyembuhan luka. Selain itu, kontak dengan air akan membengkak kulit, yang dapat mempengaruhi proses penutupan luka. Dalam hal ini, bakteri dan kuman dapat dengan mudah memasuki luka dan risiko infeksi luka akan meningkat secara dramatis.

Mengetahui mitos-mitos diatas bisa membuat kita mengetahui apa saja hal yang benar-benar bisa menyembuhkan luka dan mana yang hanya sekadar mitos belaka. Untuk itu, membaca info kesehatan sangatlah penting agar kita bisa lebih update terhadap dunia kesehatan dan beli obatdiare anak goapotik untuk keperluan mendesak

You Might Also Like

0 comments