Keringat Berlebih, Penyebab dan Penanganannya

Oktober 14, 2020






Keringat berlebih menjadi salah satu permasalahan yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Keringan berlebih terihat dari wajah maupun badan yang selalu basah dan lepek. Untuk itu, agar nyaman dalam keseharian, beragam cara dilakukan untuk mengurangi keringat berlebih

Berkeringat adalah proses metabolisme normal dalam tubuh. Keringat dapat keluar dari kegiatan seperti olahraga, kegiatan fisik, hingga makan makanan pedas. 

Namun keringat berlebih muncul tanpa ada pemicu awal. Keringat berlebih ini dapat muncul hanya pada area tertentu seperti wajah, ketiak, punggung.Namun dalam kasus tertentu di seluruh tubuh. 

Meski tidak dapat dihentikan secara penuh, keringat berlebih dapat dikurangi dengan mengkonsumsi makanan tinggi kadar air, mengandung serat serta banyak minum air putih. 

Penanganan keringat berlebih juga dilakukan dengan membasuh badan setelah olah raga. Jika mandi tidak dapat dilakukan, minimal lakukan bilas ketiak hingga bersih untuk menghindari bersarangnya bakteri yang menyebabkan munculnya bau badan. 

Selain itu, jangan melakukan tindakan yang justru membahayakan diri seperti penggunaan baking soda karena banyaknya referensi dari internet, mengkonsumsi makanan yang justru memacu keringat seperti makanan pedas hingga alkohol.   

Selain melakukan upaya pengendalian keringat berlebih, untuk menjaga rasa percaya diri di depan publik, maka dapat dilakukan sejumlah langkah seperti menggunakan outfit hitam atau navy untuk menghindari jejak pada kain. 

Lainnya, tidak usah ragu menggunakan underarm pad untuk menyerap keringat berlebih.

Serta jangan lupa bawa baju ganti dan siapkan tas khusus untuk mengakomodasi kebutuhan menjaga badan dan ketiak lebih kering. 

Kamu bisa memasukkan baju ganti, blazer, bedak, deodoran atau antiperspirant, sabun antibakteri, dan produk apapun yang bisa menyelamatkanmu dari rasa malu, jika keringat berlebih muncul mengganggumu.

You Might Also Like

0 comments