Cara Membuat Boneka Tangan dari Kaos Kaki

November 06, 2020


Boneka tangan dari kaos kaki. Freepik.com


Membuat Boneka dari Kaos Kaki merupakan pekerjaan yang relatif mudah dilakukan orang tua. Seperti diketahui boneka adalah salah satu instrumen yang membantu si buah hati untuk berimajinasi dan meningkatkan kreativitasnya. Maka menghadirkan boneka dapat mendukung anak menjadi cerdas dan pandai bicara. 


Lalu bagaimana cara membuat boneka tangan dari kaos kaki? caranya cukup mudah. 


Cukup menggunakan peralatan sekitar kita, maka boneka kaos kaki dapat segera tercipta. 


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat boneka tangan dari kaos kaki:

1. Kaos kaki bekas minimal 2 buah

Kaos kaki ini untuk dipotong. Dapat jenis polos ataupun yang bermotif.

2. Kancing bekas sebanyak empat buah,

3. Benang wol sebaiknya berwarna kuning dan coklat,

4. Gunting, dan

5. Lem.Terutama lem yang melekatkan seperti lem Fox. 

Untuk membuat boneka tangan ini, langkah yang harus diikuti yakni: pertama, kaos kaki bekas yang bersih dipasangi kancing tepat di bagian jari kaki. Kancing yang digunakan adalah dua buah dengan perkiraan sebagai mata. 

kedua, gunting-gunting benang wol yang disediakan untuk menjadi rambut boneka. Sesuaikan dengan kebutuhan bentuk boneka. Setelah jumlahnya sekitar 50an buah ikat menjadi satu dan tempelkan ke boneka dengan perkiraan menjadi rambut. 

ketiga, beri instrumen hiasan seperti mulut atau letak telinga. Jangan lupa ajak buah hati dalam membuat rangkaian boneka tangan dari kaos kaki ini. 

Setelah boneka selesai, maka yang tidak kalah pentingnya adalah mengajarkan cara bermain dengan memasukkan tangan ke dalam boneka. Anak akan berlatih mengenai berbicara dengan beragam imajinasi.

Agar meningkatkan dampak berlingkungan, maka lakukan juga membuat beberapa boneka jari lainnya dan dibagikan ke teman-teman buah hati untuk dijadikan bahan berkegiatan.

Instrumen ini menjadikan anak dapat bergaul dengan lingkungan dan belajar menghormati orang lain melalui imajinasi bicara dan berkegiatan bersama.


You Might Also Like

0 comments